Home » » Cara Memperbaiki Komputer yang Rusak dengan Mudah

Cara Memperbaiki Komputer yang Rusak dengan Mudah

Written By mauli on Friday, December 27, 2013 | 8:13 AM

Cara Memperbaiki Komputer - pada kesempatan ini saya akan shearing sedikit mengenai Cara Memperbaiki Komputer yang rusak dan tidak bisa menyala, baca juga ya postingan saya sebelumnya tentang Cara Menghapus Search.Shapdo. Komputer yang rusak dan tidak bisa menyala bisa disebabkan oleh beberapa Faktor, diantaranya adanya kerusakan pada Hardware komputer atau Error pada OS (windows, Linux dll), untuk mengecek kerusakan OS (windows, Linux dll) anda bisa melakukannya dengan cara menginstal ulang komputer anda, dan apabila masih belum bisa menyala berarti ada masalah pada Hardware.
Cara Memperbaiki Komputer
Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Cara Memperbaiki Komputer dan mengecek kerusakan-kerusakan pada hardware berikut perinciannya dan penjelasannya.

Tidak ada Tampilan Dilayar Monitor Tapi Fan Berputar.
  • Mengecek Motherboard : Silahkan nyalakan komputer anda seperti biasa, apabila Fan sudah berputar anda tekan Num Lock dan Caps Lock pada Keyboard, apabila lampu Num Lock dan Caps Lock menyala berarti tidak ada masalah dengan Motherboard anda, Apabila langkah diatas sudah Ok, lampu Num Lock dan Caps Lock menyala lakukan langkah dibawah.
  • Langkah pertama, silahkan anda lepas RAM (Memory) komputer tersebut lalu gosok bagian bawah yang berwarna kuning emas dengan penghapus karet sekolah, cara penggosokannya SATU ARAH jangan bolak-balik.
Cara Memperbaiki Komputer
Posisi RAM (memory)
Cara Memperbaiki Komputer
Posisi yang di gosok
  • Setelah selesai warna emas dari RAM (Memory) tersebut di gosok baik tampilan yang seperti gambar diatas dan yang sebelahnya juga, silahkan anda pasang kembali seperti semula, dan nyalakan kembali komputer anda seperti biasa, Lalu lihat hasilnya.
  • Apabila langkah dengan cara RAM (Memory) diatas tidak membuahkan hasil berarti ada tiga lagi kemungkinan masalah pada komputer anda, yaitu sambungan Kabel Satta atau IDE, rusaknya Monitor dan rusaknya Haardisk komputer anda.
  • Langkah kedua, silahkan anda cabut Kabel satta atau IDE komputer anda kemudian kalo ada cadangan coba ganti Kabel-kabel tersebut dengan yang belum di pake, apabila tidak ada cadangan anda bisa mencoba dengan meluruskan kerutan-kerutan pada kabel Satta atau IDE tersebut, setelah itu pasang kembali seperti biasa dan silahkan di test.
  • Jika langkah kedua tersebut masih tidak membuahkan hasil berarti ada dua kemungkinan lagi, yaitu rusaknya monitor anda dan rusaknya Hardisk anda, tapi biasanya meskipun hardisk rusak komputer saya tetap menyala dan apabila tidak ada tampilan di monitor karena hardisk rusak sangat kecil sekali kemungkinannya karena pengalaman saya meskipun tanpa hardisk sekalipun monitor tetap menyala dengan dengan tampilan menyuruh kita melakukan Booting. Bisanya hanya dengan melakukan dua cara diatas juga saya sudah berhasil memperbaiki banyak komputer dan sampai bisa normal lagi seperti semula.
  • Apabila langkah diatas sudah suskses tampilan komputer sudah normal kembali, saya sarankan lakukan instal ulang pada komputer anda agar membuat komputer menjadi lebih mantap dan pulih seperti sedia kala.

Tidak ada Tampilan Dilayar monitor dan Fan Tidak Berputar.
  • Hal yang paling umum dan sangat sering saya alami pada masalah Tidak ada Tampilan Dilayar monitor dan Fan Tidak Berputar ini adalah terjadinya kerusakan pada Power Suplay, jadi tidak ada listrik yang menyuplay Hardware dan tentu komputer tidak akan menyala.
  • Cara Mengetes Power Suplay : langkahnya cukup mudah, anda tinggal menyambungkan kabel warna hijau dengan kaber berwarna hitam (di Jumper) menggunakan Tali kawat kecil yang bisa digunain untuk mengikat kabel seperti pada gambar berikut.
Cara Memperbaiki Komputer
Tali kawat ikat untuk menghubungkan
Cara Memperbaiki Komputer
Tampilan tali kawat ikatsetelah di lepas
  • Kemudian hubungkan kabel berwarna Hijau dan kabel Hitam yang bersebelahan yang saya beri tanda merah pada Foto di bawah ini.
Cara Memperbaiki Komputer
  • Sebelum di colokan ke listrik sangat penting sekali LEPASKAN SEMUA SAMBUNGAN DARI POWER SUPLAI KE HARDWARE LAINNYA. jadi sebelum anda mencolokan ke listrik pastikan Power Suplai benar benar sendiri tidak terhubung pada yang lain, jika setelah di colokan ke listrik terus jika kipas yang ada di dalam power suplai tidak berputar maka sudah di pastikan bahwa Power suplay anda rusak, dan anda harus menggantinya dengan yang baru.
Mungkin itulah shearing saya mengenai Cara Memperbaiki Komputer atau Cara Memperbaiki Komputer Rusak, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

0 opmerkings:

Post a Comment

close